IMID > Internet Marketing Indonesia

Detik.com 10 Tahun

Posted on: Juli 10, 2008

Pagi ini saya melihat iklan di koran kompas mengenai detik.com yang genap berusia 10 tahun, dan sebelumnya membaca di majalah business week versi Indonesia yang membahas beberapa portal berita lokal (disana dikatakan halaman utama Detik,com hanya akan ada maksimal 12 iklan… ??? Coba anda hitung yang sekarang…), kemudian membaca juga di blognya pak Nukman, dan beberapa blog lain sekilas. Kalau diperhatikan mayoritas menyambut baik perubahan tersebut, dan kebetulan saya berada di wilayah minoritas. 🙂 Juga beberapa teman saya dikantor dan beberapa web designer handal lainnya.

Bukan maksudnya saya tidak menyambut baik perubahan tersebut, saya menyukai perubahan, tentunya perubahan ke arah yang lebih baik. Terus terang saya bukan pecinta portal berita online lokal, saya bukan orang yang setiap pagi terhubung ke internet dan membuka situs seperti detik, kompas, okezone, inilah, kapanlagi atau nanti mungkin kanalone. Saya lebih suka membaca koran kompas kalau untukmendapatkan informasi, alasan utamanya adalah saya suka menyaring informasi yang saya butuhkan saja.

Kembali ke masalah minoritas, kalau saya cermati mungkin juga karena behaviour beberapa orang khususnya Indonesia yang cenderung menghindari perbedaan pendapat. karena mungkin bukan bidangnya juga. Begitu juga dengan saya, kebetulan online adalah bidang saya, dan saya termasuk orang yang to the point yang cukup straight di beberapa hal, artinya jika tidak saya akan berkata tidak, jika ya saya akan berkata ya.

Menurut pribadi saya, perubahan tampilan detik.com memang lebih bagus dari sebelumnya, hanya saja kalau untuk menunggu 10 tahun untuk berganti tampilan dengan hasil seperti sekarang rasanya kok ya biasa saja cenderung bingung kok hanya begini perubahannya??? Perlu anda ketahui saat Kompas.com melakukan reborn, terus terang saya menyukainya dan melihat mereka nampaknya berusaha dengan baik, dan beberapa teman saya setuju dengan hal tersebut. (beberapa teman saya diantaranya adalah web designer handal tadi)

Hal lain, kalau pak Nukman menyebutkan “hari ini, wajah sang ibu berubah, persis seperti wajah anak-anaknya, hanya dalam format yang lebih panjang.” itu saya setuju, karena perubahan halaman homepagenya tidak jauh berbeda dengan chanel2 sebelumnya. Hal ini juga yang menyebabkan perubahan tersebut kok rasanya tidak “WOW”.

Kemudian hal lain, Detik.com masih ingin mempertahankan identitasnya yang sudah lama terbentuk, yaitu dengan background berwarna warni, dengan warna font yang berwarna warni juga, ditambah iklan iklan yang menggunakan animasi yang berulang-ulang, celakanya hal itu menurut saya sangat bertentangan dengan basic concept news portal dimana ingin membuat user merasa nyaman dan berlama-lama membaca berita demi berita. Atau mungkin mereka sudah melakukan research sendiri bahwa untuk market indonesia lebih sesuai dengan beraneka warna? who knows? tetapi feeling saya mengatakan tidak.

Well the show must go on, Detik tetaplah detik, portal berita terupdate paling cepat sampai saat ini (mungkin hal itu membenarkan tentang pendapat content is the king? but I think design is a must optional)

Happy Birthday Detik, semoga selalu berusaha menjadi lebih baik.

2 Tanggapan to "Detik.com 10 Tahun"

Well, only can say this: at least they have tried, perhaps its just their best effort already 🙂

Setahu saya sih proses perubahan kompas jadi spt sekarang juga harus menunggu lama. Inget KCM yang sekian lama stagnan dan gitu2 aja? Ya wajar aja klo lompatan besar dari KCM ke Kompas reborn jadi terasa lbh “Wah” ketimbang siapapun saingannya

Tinggalkan Balasan ke Gocapan Lima Batalkan balasan

Kumpulan Topik